Pengembangan Dalam Menjalankan Sistem Informasi

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengembangkan sistem informasi di sebuah toko peminjamanan komik yang bernama Comic Zone 

Comic Zone adalah sebuah toko peminjaman komik  bertempat didaerah stasiun UI, selain komik toko ini juga meminjamkan novel serta buku untuk anak. Toko ini sudah menerapkan aplikasi sistem informasi manajemen database dalam menjalankan aktivitas usahanya.
Comic Zone menggunakan suatu sistem jaringan (network) yang menghubungkan perusahan tersebut dengan para pelanggan dan pemasoknya untuk memperolah data-datra mengenai order peminjaman komik dan pembelian komik baru.
Menggunakan jaringan tersebut, para pemilik toko yang tersiri dari 2 orang dapat saling bertukar data-data yang diperoleh dari penjaga toko mengenai peminjaman komik, pembelian komik baru, dan penambahan jumlah pelanggan tersebut kemudian akan diolah secepatnya.
Peminjaman komik yang diterima itu akan segera mempengaruhi stok persediaan komik atau novel yang  ada dan databases2 yang lainnya juga akan segera ter-updated.
 Para pemilik utama toko akan menerima laporan-laporan yang mereka perlukan secara periodik mengenai peminjaman komik atau novel yang ada  Para Pimpinan perusahaan juga dapat mengakses laporan baik secara data terperinci maupun tampilan grafik, yang mengidentifikasikan secara jelas faktor-faktor utama yang menggambarkan kinerja Comic Zone
Pengalaman yang saya pernah lakukan adalah dalam proses penginputan ke database Comic zone. Dimana kegiatan ini ditujukan untuk mengupdate data pelanggan , penambahan komik baru serta daftar peminjaman komik yg diperiode setiap bulan.
Berikut gambarnya:

 
Pengalaman saya dengan sistem informasi manajemen database tersebut adalah Proses penginputan. Pertama, menginput 2 buku baru bahasa inggris 1 & 2 kedalam database toko tersebut. Gambar diatas adalah gambar aplikasi inputan ke data base yang ada. Aplikasi itu dibuat menggunakan Visual Basic. 
Kedua, menginput buku baru saya juga menginput mengenai data pelanggan-pelanggan baru yang harus segera diinput kedatabase toko tersebut

Berikut tampilan hasil inputan



 
Didalam data base ini saya hanya pelu menginput nama, alamat, jenis kelamin dan momor telepon, unruk kode pelanggan disesuaikan melalui komputer. Seperti itu pengalaman saya mengenai Sistem Informasi

 





0 komentar to "Pengembangan Dalam Menjalankan Sistem Informasi"

Posting Komentar

Welcome

Welcome To Sufi's blog

Read More

the greatest football story ever told

Foto saya
Cijantung, jakarta timur, Indonesia
apa? masih mau kepo?