New Media

Pengertian New Media

Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
ilustrasi dalam gambar



Sekarang pengertian New Media. Apa yang dimaksud New Media? Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. Ada new media baru yaitu AR(Augmented Reality)adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Dapat digunakan dalam bidang kesehatan, militer, industri manufaktur dan bisa diaplikasikan pada telepon genggam.


Aplikasi New Media

Untuk kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 3 dari contoh aplikasi new media

1. Facebook



yap. facebook, sebuah socialnetworking yang paling digemari saat ini.mulai dari anak2 sekolahan sampe orangtua,sudah tidak awam lagi dengan facebook. oia, kalo belom tau, facebook ini merupakan jejaring sosial yang pertama kali diluncurkan tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg,seorang mahasiswa Harvard University. tidak lama kemudian seluruh dunia menggunakan kan facebook ini. sebenernya apa keistimewaan dari facebook ya? berikut saya jabarkan fitur-fitur dari facebook sekaligus manfaatnya.
fitur-fitur pada facebook sangat banyak, mulai dari chatting, update status yang bisa di-like, pe-ngupload-an foto yang bisa kita share ke teman2 (istilah nya nge-tag hehehe), dan masih banyak yang lainnya. sehingga dengan fitur-fitur seperti ini memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan,misalnya untuk berjualan,dsb. tak lepas dari situ, facebook memiliki kekurangan, misalnya,aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi. Facebook juga kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.


2. YouTube



Youtube saat ini merupakan tempat download video paling favorit, ya menembus 1 miliar view perhari. Youtube menjadi sangat populer karena bersifat gratis dan navigasinya yang mudah. Kecenderungan orang yang lebih suka menonton video durasi pendek juga salah satu faktornya, ya rata-rata video youtube berdurasi pendek sekitar 5 menitan memang ada juga yang lebih. fitur-fitur yang ditawarkan juga menarik, selain bisa menonton video, kita juga bisa mengupload video kita, tetapi kita harus memiliki account disitus tersebut. penggunaan youtube tentu banyak manfaat misalna bisa lihat dan upload video yang kita suka, sebagai ajang promosi diri, ssegala jenis video bisa ditemukan di situs ini. dsb. youtube pun juga memiliki kekurangan misalnya karena terlalu bebas upload jadi banyak file yang tidak berguna atau file pornografi yang terupload selain itu situs ini enggak cocok untuk slow conection, karena bakal makan waktu untuk bufferingnya. dsb.


3. Wikipedia




Wikipedia adalah ensiklopedia bebas dimana kita dapat menemukan segala informasi, disini kita tak hanya sekedar menjadi penonton/pembaca tetapi juga dapat mengeditnya. dalam wikipedia ini kita bisa menerjamahkan bahasa asli tulisan dengan bahasa kita (tentu penerjemahannya tidak bagus dan terkesan acak-acakan). selain itu, situs ini seperti google. com dimana segala sesuatu yang ingin kita ketahui tersedia disini, bedanya pada wikipedia hal yang ingin kita ketahui dibeberkan secara rinci tidak seperti google yang hanya memberikan situs2 yang terakit dengan hal yang dicari. sehingga kadang saat men-search sesuatu di google. wikipedia menjadi sumber situs utama yg perlu dikunjungi. kelemahan dari wikipedia sendiri misalnya, karena siapapun bisa mengubah/menambahkan tulisan di situs ini, kadang pemahaman nya jadi berbeda atau bisa jadi menyesatkan. so waspadalah : )



Manfaat Media
Memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang ia inginkan. Jadi media bisa dibilang untuk memerantarai orang mendapatkan suatu hal yg ia inginkan dengan mudah.(ini menurut saya).
Contohnya, saya sebagai seorang mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan dengan mudah dan cepat serta tidak mahal melalui internet. Jadi menurut saya internet-lah yg menjadi media untuk saya mendapatkan materi perkuliahan.
Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).

Beberapa manfaat lain
•Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
•Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
•Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
•Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.


Banyak sekali manfaat New Media , manfaat itu tidak untuk mayoritas atau kalangan konglomerat atau malahj kalangan tidak mampu ,, tapi New Media bermanfaat untuk semua kalangan bila pemakainya menggunakan untuk hal” yang baik. Berikut Ini beberapa gambaran manfaat New Media yang akan saya jelaskan yaitu dalam bidang pendidikan , pencarian kerja , bersilaturahmi, bidang kesehatan,Bidang jual beli dll

Bidang Pendidikan.
Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa.manfaatnya yaitu pelajar atau mahasiswa bisa ngbrowes bahan bahan materi yang di perlukan oleh mereka, lalu manfaat lainnya pelajar atau mahasiswa sudah tidak perl;u membeli buku , karena kita bisa mendowload EBOOK , EBOOk ini adalah suatu buku digital yang isinya adalah bahan” materi yan ada di buku,,jadi simple dan praktis (bisa di bawa kemana”), tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak!!!
Bidang Pencarian Kerja
Dalam bidang ini sangat kerasa banget di rasakan oleh orang pengangguran. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lamaran-lamaran kerja , tanpa harus membeli Koran atau keliling ke tempat perusahaan!biasanya setiap instansi memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu ,dan melihat di pengumuman tentang adanya lowongan atau tidak.melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat online , jadi tak usah repot-repot untuk datang ke tempat instansi yang ingin di masukan (mengirit keuangan juga dan tidak ribet)!!!!
Bidang Silaturahmi
Ini adalah bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang ,, dalam bidang ini banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan silaturahmi , salah satunya Facebook,Friendster,Twitter,My Space,Yahoo Messangger,Yahoo dan lain sebagainya!melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun , di website ini kita dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan ,selain itu kita juga dapat mengirim photo ,video dll. Kepada sanak sodara,yang bila mana kita sudah lama sanak sodara !
Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini ,banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit..Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang tradisional (yang memakai tumbuh”n sebagai ramuannya)!disini juga kita dapat mencari resep-resep agar kondisi badan kita selalu bugar,lalu untuk menggemukan /menguruskan badan, juga untuk bertambah tinggi dengan cepat..semua ada di sini!
Bidang Jual Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan .pembeIi cukup melhat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama,no rek,kode barang dank ode post. Transaksi pembayaran dapet di lakukan dengan menggunakan ATM/ebanking dll! Alu manfaat yang I rasakan oleh penjual adalah dia dapet menjual barang ke manapun tak terbatas I kotanya,(lebih luas).Di sini ada juga forum jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu kaskus!
Tadi sudah saya jelaskan manfaat dari New Media sesuai bidang”nya .nah sekarang saya akan menerangkan kerugian dari New Media sesuai bidang –bidang di atas!.


Kekurangan New Media

•Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.
•Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.
•Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.

Akan tetapi semua itu dikembalikan lagi kepada diri kita masing-masing bagaimana menyikapi, memanfaatkannya secara baik dan tidak menjadi seseorang yang malas akibat dari semua kemudahan-kemudahan yang diberikan dengan pemanfaatan new media.


Beberapa kerugian lain

• Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini ada juga dampak kerugian dari New Media di antaranya adalah , dengan adanya Ebook maka jarang sekali orang membeli buku, penghasilan penerbit dan pengerang buku turun drastis.selain itu ada juga dampak buruknya bagi pelajar yaitu pelajar jadi males untuk belajar dan membuka buku ,mereka hanya mengandalkan internet karena lebih praktis..
• Bidang Pencarian Kerja
Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
• Bidang Silaturahmi
Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.dan juga Kemajuan TIK pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.selain ituSeseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
• Bidang Kesehatan
Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.Selain itu juga penghasilan para dokter tradisional semakin menurun, karena resep yang di miliki dokter itu sudah tersedia di internet!
• Bidang Jual Beli
Dalam nidang ini Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.selain itu juga banyak orang yang tertipu dengan barang yang di jual di secara online(barangnya ada yang cacat atau malah barangnya tidak di kirim)!
Demikian lah penjelasan saya tentang manfaat dan kerugian New Media!!!!!!!!!!
Terimakasih sudah membaca!

sumber: http://ilmubudayadasar.blogspot.com/2010/09/arti-new-media.html

http://nempoatuh.wordpress.com/2010/11/14/manfaat-dan-kerugian-new-media/

http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html

http://myblogzahra.blogspot.com/2010/10/aplikasi-new-media.html


0 komentar to "New Media"

Posting Komentar

Welcome

Welcome To Sufi's blog

Read More

the greatest football story ever told

Foto saya
Cijantung, jakarta timur, Indonesia
apa? masih mau kepo?